Jumat, 24 Juni 2016

Merawat Gigi Bayi Agar Tumbuh Sempurna

Advertisement
Apakah anda seorang ibu baru yang sedang mencari informasi tentang perawatan gigi dan gusi bayi agar bersih dan sehat?

Ya, tepat sekali anda berada didalam website ini, karena kami akan memberikan informasi penting untuk ibu bagaimana cara menangani gigi atau gusi bayi agar terawat sejak dini.

Untuk mencegah penyakit atau kelainan pada gigi bayi, kita sebagai ibu harus selalu memperhatikan proses tumbuh kembang gigi anak. Sebelum tumbuh gigi susu, ibu harus rajin membersihkan gusi anak ketika mandi.

Cara merawat gigi dan gusi bayi

Cukup menggunakan kain yang lembut, biasa disebut kain kasa untuk membersihkan gusi anak kita hanya menggunakan jari kita setiap hari, perhatikan kebersihan kain, sebisa mungkin kain steril dari kuman.

Kesehatan gigi pada anak bayi akan berpengaruh terhadap kesehatan gigi dimasa yang akan datang. Untuk itu orang tua khususnya ibu baru, harus mengetahui bagaimana cara yang benar merawat gigi bayi. 

Perawatan mulut bayi umur dibawah 6 bulan
Gigi bayi biasanya tumbuh di usia 6 bulan, di usia 0-6 bulan kita dapat merawat gusi bayi agar tetap bersih menggunakan kain lembut basah, caranya digosok hanya menggunakan jari kita dengan perlahan, perhatikan kebersihan mulut bayi, hindari ketika bayi tidur sambil ngemut bobol susu. 

Cara merawat gigi bayi ketika baru tumbuh
Gigi bayi akan tumbuh di usia sekitar 6 bulanan. Saat gigi mulai tumbuh perhatian ekstra seorang ibu harus di tingkatkan, karena kita harus selalu menjaga kebersihan mulut bayi, bersihkan gigi dan gusi bayi menggunakan kain lembut yang lembab. Bersihkan dari sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi dan gusi .

Jika gigi graham bayi sudah muncul dan tumbuh, ibu dapat menggunakan sikat gigi bayi yang lembut. Tidak perlu menggunakan pasta gigi, selalu basahi sikat gigi ketika membersihkan gigi bayi. Rajin periksakan gigi bayi setelah 6 bulan kedokter gigi, atau di usia 1 tahun.

Bagaimana cara merawat gigi bayi umur 1 tahun ?
Ibu dapat menggosok gigi bayi menggunakan sikat gigi bayi, namun sekaran ibu boleh menggunakan pasta gigi. Sikat gigi anak anda setidaknya 2 kali sehari, jadikan kebiasaan untuk selalu membersihkan gigi bayi setiap hari. Jangan lupa untuk tidak membiasakan anak tidur sambil minum susu melalui botol.

Perhatikan kebersihan sikat gigi bayi
Ibu wajib mengganti sikat gigi bayi 4 bulan sekali, karena sikat gigi yang sudah lama mengandung bakteri yang tinggi, disamping itu permukaan bulu sikat pastinya sudah ada yang copot atau rusak. Bulu sikat yang rontok akan mengurangi fleksibilitas sikat gigi.

Pastikan setelah sikat gigi digunakan, kondisi sikat gigi dalam keadaan kering, setelah sikat gigi kering baru ibu dapat menutupnya kembali.

Merawat gigi bayi di usia 1 hingga 2 tahun
Ibu dapat mulai memperknalkan pada anak sikat gigi yang menggunakan pasta gigi berfluoride, gunakan pasta gigi bayi sedikit saja  kira-kira seukuran kacang hijau. Sebagai ibu hendak mendidik anak sejak dini selalu menjaga kesehatan mulut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan kepada anda mengenai cara merawat gigi pada anak sejak dini agar tumbuh sempurna. Baca juga Cara Mengobati Sakit Gigi Sendiri

Salam vickymoos.blogspot.co.id
Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Merawat Gigi Bayi Agar Tumbuh Sempurna

0 komentar:

Poskan Komentar