Rabu, 25 Mei 2016

Cara Merawat GIGI Berlubang Dengan Benar Untuk Hilangkan Rasa Sakit

Advertisement
Perawatan Gigi Berlubang - Hallo sobat Vickymoos kali ini kita akan membahas kembali tentang permasalahan disekitar gigi, rasa sakit yang timbul pada gigi berlubang tentunya sangat mengganggu aktifitas kita sehari-hari, ketika bekerja tentunya tidak akan fokus, ketika belajar akan menghancurkan konsentrasi dalam belajar, bahkan ketika tidur akan menghancurkan mimpi indah menjadi mimpi buruk, itulah kengerian jika kita mengalami sakit gigi. Oleh karena itu jangan sesekali anda menyepelekan kebersihan disekitar gigi dan mulut anda. 

GIGI berlubang disebabkan oleh anda yang kurang peduli degan kebersihan mulut, Gigi akan membusuk atau berlubang diakibatkan oleh plak pada gigi (baca definisi karies gigi), terbentuknya plak bermula dari sisa-sisa makanan yang tidak sempat anda bersihkan, hal ini memberi kesempatan kepada bakteri untuk bekerja lebih giat untuk menghancurkan gigi anda. Lalu bagaimana cara untuk merawat Gigi kita yang sudah terlanjur berlubang? Untuk lebih jelasnya simak dulu ulasan dibawah ini.

cara merawat gigi berlubang parah

Pentingnya Menjaga Kesehatan GIGI dan Mulut Anda

Mencegah Gigi berlubang tentunya lebih baik dibanding mengobati, oleh karena itu kita harus lebih meningkatkan kesadaran dalam merawat dan menjaga kesehatan agar gigi dan mulut kita tetap bersih. Anda dapat melakukan beberapa langkah agar gigi anda terlindungi dari serangan bakteri yang akan mengakibatkan sakit gigi.

Setidaknya sikat gigi anda dua kali dalam sehari terutama sehabis makan dan menjelang tidur, sisa makanan yang tertinggal disela-sela gigi akan membahayakan apalagi sampai terbawa tidur, perkembangan bakteri didalam mulut anda menjadi sangat pesat.

Setelah anda menyikat gigi, alangkah lebih baik juga berkumur menggunakan obat kumur yang tersedia diberbagai minimarket. Dengan cara ini, bakteri yang ada didalam mulut anda akan hilang.

Tidak hanya gigi saja yang digosok dan dibersihkan, indra perasa Lidah kita pun penting untuk dibersihkan. Hal ini akan membantu membersihkan sedimen atau plak yang menempel dan menghilangkan penyebab bau mulut.

Berkumurlah setelah anda selesai makan, hal ini membantu untuk menyingkirkan sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi walaupun tidak 100% bersih.

Hindari makanan yang dapat merusak gigi seperti mengkonsumsi minuman kopi secara berlebihan, meminum minuman alkohol, dan merokok. Gosoklah gigi anda segera setelah mengkonsumsi makanan yang sangat manis atau asam.

Jika tidak terjangkau oleh sikat gigi untuk membersihkan sisa makanan yang masuk dalam sela-sela gigi, anda dapat menggunakan benang gigi. Benang gigi dapat menghilangkan bakteri dan sisa makanan, gunakan benang gigi disetiap sela-sela gigi terutama dibagian belakang, lakukan dengan pelan agar tidak melukai gusi.

Kenali Gejala GIGI Berlubang Sedini Mungkin

Hal ini sangat penting sekali ketika anda mengetahui tanda atau gejala GIGI Berlubang sedini mungkin, mengetahui lebih awal akan membantu anda untuk melakukan pencegahan dan penanganan agar lubang yang ada tidak membesar bahkan dapat sembuh kembali. Tanda-tanda gigi anda berlubang :
  • Ketika memakan makanan panas atau dingin gigi anda terasa nyeri, gigi lebih sensitif.
  • Sakit ketika menggigit.
  • Ada warna hitam disekitar gigi, biasanya berada pada bagian belakang gigi.

Merawat GIGI Berlubang Agar Tidak Membesar

Langkah yang paling tepat adalah mengunjungi dokter gigi anda, jangan pernah merasa takut untuk diperiksa, jelaskan secara detail kondisi gigi anda saat ini kepada dokter agar dokter dapat memeriksa untuk memastikan dan mengambil langkah lanjutan demi kebaikan gigi anda agar lubang yang ada disekitar gigi tidak membesar bahkan hilang.

Mengambil langkah cepat jika lubang pada gigi anda terdeteksi, tambal dengan segera, karena jika didiamkan, bakteri akan terus menggerogoti hingga lubang pada gigi anda semakin membesar.

Menyikat gigi dengan sikat yang mempunyai bulu halus, sikat gigi berbulu halus akan bekerja lebih maksimal ketika membersihkan sisa makanan yang tertinggal pada gigi yang berlubang.

Kami sarankan untuk lebih sering dan banyak minum air putih. Air putih dapat menetralkan atau membersihkan gigi dari bakteri yang membandel, hal ini akan memperlambat bahkan terhindar dari gigi berlubang.

Lakukan Terapi Florida Jika Tidak Mau Menambal Gigi

Terapi Florida jika gigi anda tidak mau ditambal, hal ini dilakukan jika lubang pada gigi anda masih tahap awal (ringan), Florida akan memperbaiki kerusakan pada gigi.

Cara perawatan GIGI Berlubang menggunakan florida seperti ini cukup mudah, florida berbentuk gel atau seperti pasta yang berguna untuk melapisi gigi berlubang dan sekaligus memperkuat enamel gigi.

Biasanya Dokter gigi akan memberikan dua cara dalam mengaplikasikan florida pada gigi kita, yaitu dengan cara mengoleskan keseluruh permukaan gigi atau dengan cara mengoleskan pada permukaan yang terkena lubang. Terapi florida tidak memakan waktu lama hanya sekitar 2 hingga 3 menit saja. 

Florida sangat mudah didapat tanpa menggunakan resep dari dokter, florida dapat anda dapatkan di apotek.

Tindakan Jika GIGI Berlubang Anda Sudah Parah dan Bau

Nah untuk tingkatan ini tentunya anda sudah mengalami sakit gigi yang menyiksa diri anda, tidak bisa dengan hanya merawat gigi anda dirumah, Gigi berlubang yang sudah parah biasanya membusuk dan berbau tidak sedap. Hati-hati dengan tingkatan ini. Tidak akan sembuh dengan hanya berkumur dengan obat kumur, berkumur dengan air garam, menyikat gigi dan langkah perawatan lainnya. Langkah tepat adalah mengunjungi Dokter GIGI. Selain melakukan perawatan atau menambal gigi Dokter akan menawarkan cara lain agar Gigi anda tetap berfungsi dengan baik yaitu dengan cara :

Memasang Mahkota GIGI – cara ini seperti sarung yang melindungi seluruh gigi berlubang anda agar berfungsi seperti sediakala sewaktu sehat, cara lain mengatasi GIGI berlubang dengan mahkota gigi memang diperlukan biaya yang cukup mahal, dan cara ini digunakan ketika gigi berlubang anda sudah parah. Sarung yang dipakai menyerupai bentuk gigi dan berbahan keras semacam material metal.

  • Pertama-tama Dokter akan membersihkan gigi anda.
  • Bagian gigi yang rusak akan dibor dan dibuat cetakannya.
  • Cetakan akan di isi dengan bahan yang keras seperti porselen, atau emas untuk membuat mahkota sehingga bagus untuk menggantikan gigi kita yang rusak.
  • Setelah mahkota selesai dibuat, dokter akan memasangkannya tepat pada gigi berlubang yang rusak, untuk merekatkannya menggunakan sejenis Lem.
  • Proses pemasangan mahkota hingga selesai tidak cukup dengan 1 kunjungan saja.

Mencabut GIGI – jika kondisi fisik gigi sudah tidak dapat terselamatkan, artinya gigi sudah membusuk diseluruh permukaan gigi (kerusakan parah). Tidakan yang paling tepat adalah pencabutan gigi. Namun terdapat kekurangn jika gigi anda dicabut, akan terdapat ruang kosong yang akan merubah struktur gigi bergeser tampilan menjadi tidak rapih, solusi dapat memasang jembatan gigi atau implant gigi untuk mengisi ruang kosong tersebut.


Merawat GIGI Dari Dalam Menggunakan Nutrisi Yang Tepat Untuk GIGI

Agar GIGI kita kuat, kita juga harus memberikan nutrisi yang tepat, dengan memberikan mineral dan vitamin seperti:
  • Minum minyak ikan KOD, kandungan yang terdapat pada minyak ikan ini sangat bagus untuk gigi yaitu terdapat vitamin A, D dan K.
  • Minumlah suplemen vitamin C, kalsium dan magnesium.
  • Minum suplemen vitamin D, vitamin yang satu ini sangat direkomendasikan karena dapat meregenerasi gigi.

Demikian ulasan mengenai Cara Merawat GIGI Berlubang Dengan Benar dan Ampuh Menghilangkan Rasa Sakit, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda. Sebagai catatan kami sangat merekomendasikan untuk mengunjungi Dokter Gigi minimal 6 bulan sekali dan berkonsultasi mengenai masalah yang ada pada gigi anda. Dengan cara ini, gigi anda akan tertangani oleh orang yang lebih professional. Terimakasih. Baca juga : Penyebab Karies GIGI Dewasa & Balita

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Merawat GIGI Berlubang Dengan Benar Untuk Hilangkan Rasa Sakit