Minggu, 29 Mei 2016

Mengulas Lengkap Bagaimana Cara Merawat GIGI Palsu Lepasan Mupun Permanen

Advertisement
Tips Cara Merawat Gigi Palsu – Jika struktur GIGI kita sudah tidak lengkap lagi tentunya akan merusak penampilan, selain itu akan menimbulkan rasa tidak nyaman ketika hendak mengunyah makanan. Nah hal ini merupakan masalah serius yang di alami oleh sebagian orang. Apakah ada solusi untuk kasus seperti ini?

Dengan semakin berkembangnya teknologi dibidang kedokteran, banyak sekali cara atau alternative yang akan memecahkan masalah ini. Untuk mengisi kekosongan mulut atau mengisi sebagian gigi yang kosong, kita dapat menggunakan gigi tiruan (Palsu).

Sebelum membahas tentang bagaimana cara merawat gigi palsu, alangkah lebih baik kita mengetahui macam-macam GIGI Palsu terlebih dahulu.

Yang pertama yaitu GIGI Palsu Lepasan 

Gigi palsu lepasan elastis
Digunakan untuk mengganti satu atau dua bahkan semua gigi dan dalam penggunaannya yaitu dapat dilepas dan dipasang. Bahan yang digunakan untuk membuat gigi palsu yaitu akrilik, valplast, polycarbonate dan metal.




Yang kedua merupakan penemuan tentang gigi palsu yang lebih modern lagi yaitu GIGI Palsu Cekat (Permanen)

Ada 3 jenis Gigi palsu permanen yang dapat kita gunakan yaitu :

Gigi Palsu Crown : digunakan untuk menggantikan mahkota gigi yang sudah rusak, jadi gigi yang sudah rusak parah dapat diselubung atau di jaket sehingga dapat berfungsi normal kembali seperti semula.

Gigi Palsu Bridge (Jembatan) : cara ini dapat berguna untuk menggantikan beberapa gigi yang hilang, cara penggunaannya yaitu dengan mengurangi gigi asli yang berada disebelah gigi yang sudah hilang agar dijadikan sebagai penyangga.

Implan Gigi : yaitu gigi palsu permanen yang ditanam langsung dalam gusi dengan cara bedah, mahkota gigi yang dibuat untuk implant terbuat dari bahan porselen kuat. Nah untuk implant (pengganti akar gigi) terbuat dari bahan titanium (aman bagi tubuh).

Sekarang pasti anda sudah mengerti tentang Gigi Palsu dan jenis-jenisnya, nah setelah anda mendapatkan pengganti gigi anda yang hilang dengan menggunakan gigi palsu (lepasan atau permanen), tentunya anda harus selalu menjaga kebersihannya. Lalu bagaimana cara merawat gigi palsu tersebut?

Cara merawat gigi palsu lepasan atau permanen tentunya ada sedikit perbedaan.

Cara merawat GIGI Palsu Lepasan yang dapat dibongkar pasang yaitu :

Gigi palsu lepasan lebih baik dibuka disaat kita tidur malam, cukup direndam dengan air hangat hingga esok hari.

Selalu mencuci gigi palsu setelah makan, gunakan sikat gigi yang memiliki bulu yang halus, tidak disarankan menggunakan pasta gigi atau deterjen, karena dapat mengikis permukaan gigi palsu lepasan. 

Jaga gigi palsu lepasan anda agar terus higienis.

Hati-hati ketika memegang gigi palsu anda ketika hendak mencuci atau membersihkannya, karena jika terjatuh disamping tidak higienis, permukaan gigi palsu akan mudah rusak.

Mengantisipasi agar gigi palsu tidak jatuh pada permukaan keras yaitu dengan cara menyediakan kain  atau handuk tepat diatas permukaan meja tempat anda membersihkan gigi palsu.

Cara  merawat GIGI Palsu Permanen (cekat) yaitu :

Selalu membersihkan gigi palsu permanen andasehabis makan.

Bersihkan gigi palsu permanen anda ketika hendak tidur.

Lakukan flossing menggunakan benang untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang menyangkut pada sela-sela gigi yang tidak terjangkau oleh sikat gigi.

Lakukan dengan cara santai dan pelan agar gusi tidak terluka.

Kunjungi dokter gigi untuk dibersihkan setidaknya setahun 2 kali.

Segera periksakan gigi palsu permanen anda ketika ada tanda-tanda gigi anda sudah tidak nyaman atau merasa ada perubahan.


Demikian informasi yang dapat kami sapaikan kepada anda mengenai cara merawat gigi palsu lepas atau permanen dengan mudah dan benar. Semoga artikel tentang kesehatan gigi ini dapat bermanfaat untuk anda. Terimakasih atas kunjungan anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Mengulas Lengkap Bagaimana Cara Merawat GIGI Palsu Lepasan Mupun Permanen