Minggu, 14 Agustus 2016

Tingkatkan Kesehatan Anda Dengan Cara Berkebun Agar Hidup Lebih Lama

Advertisement
Berkebun biasanya kita cenderung menanam sayuran, buah-buahan dan bunga, berkebun dapat menyediakan makanan sehat untuk anda dan keluarga, berkebun juga dapat mempercantik halaman rumah anda. Namun apakah anda tahu kegiatan berkebun yang dilakukan secara rutin ini dapat memperpanjang umur anda?

Sebagai bentuk latihan, dengan berkebun anda akan mendapatkan beberapa manfaat antara lain untuk kesehatan, prsikologis dan tentu saja menjadikan fisik anda lebih baik. Selama rutin berkebun benar-benar memberikan keajaiban yang sebelumnya tidak akan anda alami, ketenangan kepada anda secara spiritual dimana anda mendapat pengalaman yang terbaik dari diri anda.

Berkebun adalah menyehatkan

Beberapa studi menunjukan bahwa berkebun terkait dengan hidup lebih lama, pada tahun 1988 sebuah studi diterbitkan dalam aktivitas, adaptasi dan aging menegaskan bahwa berkebun memiliki banyak manfaat terapeutik untuk orang tua.

Tidak hanya itu, konsep yang muncul dari ‘terapi hortikultura’ terbukti sangat untuk meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. Terapi ini berfokus pada terlibat dengan alam untuk rehabilitasi mental dan fisik. 

Ini menengahi emosi, kognitif dan / atau motorik sensorik perbaikan fungsional, peningkatan partisipasi sosial, kesehatan dan kesejahteraan, dan kepuasan hidup. Sebuah studi di Rehabilitasi Pediatric 2004 substantiates efektivitas terapi hortikultura pada kesehatan Anda.

Berikut adalah beberapa manfaat dari berkebun :

1. Dapat Mengurangi Stres

Menghilangkan stress adalah efek langsung dari berkebun, bahkan tidak ada aktivitas rekreasi lainnya yang membantu untuk menyembuhkan stress dengan cepat.

Bila menanam bunga dikebun tentunya memberikan efek pandangan dan bau bunga memberikan relaksasi dan ketenangan pikiran, suara daun dan aura sendiri memiliki efek terapi yang memberikan anda lebih dekat dengan pikiran bebas stress.

Paparan sinar matahari ketika berkebun meningkatkan sekresi serotonin (antidepresan alami) dan melatonin (hormone tidur) di otak, sehingga menjaga otak seimbang, bebas stres dan mendorong siklus tidur yang sehat dengan mempertahankan ritme sirkadian (otak jam biologis internal).
Dengan berkebun dapat membuat pikiran anda teralihkan dari permasalahan untuk sementara waktu. Focus dengan tugas-tugas berkebun yang dapat menyisihkan permasalahan pribadi .

2. Mengobati Depresi

Dengan berkebun dapat mengurangi gejala depresi, beraktifitas dalam berkebun membantu mengurangi sekresi kortisol dan dapat membantu memulihkan depresi.

3. Meningkatkan Kognitif Kesehatan

Beberapa studi yang dilakukan menunjukan bahwa beraktifitas fisik terkait dengan kegiatan berkebun dapat membantu menguranngi risiko pengembangan demensia.

4. Aktifitas Rutin Yang Positif

Dengan berkebun sama baiknya dengan berolahraga seperti jogging atau berenang, badan menjadi bergerak, peredaran darah lancar, terkena oleh sinar matahari dan menghirup udara segar.

5. Menyediakan Produk Organik

Manfaat terbaik dari berkebun adalah anda dapat menyediakan kepada kelurga produk berkualitas tinggi, bebas pestisida buah-buahan dan sarur-sayuran.

Makanan yang anda tanam sendiri dan tumbuh dengan segar tentunya menjadi makanan yang sangat sehat sekali, tidak ada racun, tidak ada pestisida, tanpa pengawet, sehat dan segar, anda dapat memilih pupuk organik sendiri.

6. Membakar Kalori

Berkebun adalah kegiatan fisik yang melibatkan penggunaan tubuh bagian atas dan bawah dalam berbagai tugas, seperti menggali, menyapu, memutar kompos, penyiangan, mencampur tanah, menabur dan banyak lagi. Kegiatan ini berkisar dari latihan fisik intensitas sedang untuk memperlambat tapi dengan sering berdiri atau jongkok.

kegiatan berkebun seperti pemangkasan tanaman, mencabut rumput liar dan bergerak dengan bantuan tangan Anda dapat memberikan sirkulasi darah yang tepat dan fleksibilitas otot, sehingga meningkatkan kekuatan tangan.
Baca juga : Cara Mendapatkan Pacar Cantik
Demikian ulasan sederhana ini kami buat semoga artikel yang berjudul berkebun dapat memberikan kesehatan dan panjang umur ini dapat bermanfaat untuk anda. Terimakasih atas kunjungan anda. Salam sobat vickymoos.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tingkatkan Kesehatan Anda Dengan Cara Berkebun Agar Hidup Lebih Lama

0 komentar:

Posting Komentar