Jenis Antibiotik Untuk Sakit Gigi Paling Ampuh

Apakah Anda pernah mengalami Sakit gigi yang sangat menyiksa? Dalam beberapa kasus rasa sakit gigi dapat melebihi wanita yang sedang melahirkan loh. Untuk pertolongan pertama sebelum mengunjungi Dokter gigi, disamping menggunakan obat-obatan pereda sakit, perlu juga menggunakan terapi obat Antibiotik untuk mengobati hingga tuntas dengan harapan infeksi pada gigi tidak meluas dan semakin parah.

Jenis Antibiotik untuk sakit gigi

Anda dapat membaca srtikel ini Mengobati Sakit Gigi Berlubang Paling Ampuh jika ingin meredakan rasa sakit gigi yang menyiksa dalam waktu yang singkat. Mengkonsumsi obat yang dijual di Apotik atau toko terdekat dapat meredakan sakit gigi namun hanya sementara, rasa sakit akan muncul kagi, menggunakan pengobatan dengan obat Antibiotik merupakan cara terbaik mengobati sakit gigi hingga tuntas.

Kapan Waktu Yang Tepat Konsumsi Obat Antibiotik Untuk Sakit Gigi?

Ketika Anda mengalami sakit gigi sekarang juga, gusi yang membengkak, maupun gusi bernanah atau berdarah. Selain tidakan yang diperlukan mengkonsumsi obat-obatan penghilang rasa sakit dan obat radang, biasanya Dokter juga akan memberikan resep obat Antibiotik sesuai dengan indikasi.

Dalam pemberian obat antibiotik untuk sakit gigi ini bertujuan supaya infeksi dan peradangan pada gigi dan gusi cepat teratasi dengan cara membunuh kuman yang bersarang di gigi dan gusi bermasalah tersebut. Obat antibiotik juga berfungsi untuk mencegah kuman masuk dalam jaringan darah menempel pada katup jantung yang memungkinkan dapat timbul penyakit infeksi jantung.

Baca Juga: Malu Tersenyum Karena Gigi Kuning? Gunakan Cara Ini Dijamin Kamu Kaget Betapa Putihnya Gigi Kamu!

Jenis Antibiotik Untuk Sakit Gigi

Penting untuk Anda ketahui, tidak semua obat antibiotik dapat berfungsi menghilangkan infeksi pada gusi dan gigi. Nah dibawah ini adalah daftar Antibiotik yang dapat Anda konsumsi.

1. Tetrasiklin
Satu jenis dengan doxycycline dapat digunakan untuk pengobatan penyakit periodontal, Tetrasklin memiliki efek samping jika digunakan dalam fase perkembang gigi, gigi akan berubah warna keabuan, atau kuning kecoklatan, oleh karena itu hindarkan obat ini dari anak-anak, karena gigi yang berubah warna sifatnya permanen.

2. Climdamycin (Cleocin HCL)
Obat ini banyak digunakan untuk hal yang bersifat penyakit serius yang diakibatkan oleh bakteri anaerob yang rentan sehingga merupakan pengobatan yang sangat efektif untuk abses gigi pada jaringan lunak dan tulang yang tidak merespons eritromisin atau penisilin. Nah jika Anda alergi dengan penisilin dapat menggunakan obat Climdamycin sebagai obat alternative lainnya.

3. Chlorhexidine
Dipasarkan sebagai Peridex, PerioGard dan PerioChip antara lain, antibiotik untuk sakit gigi sebagian besar digunakan untuk mengendalikan radang gusi dan plak di mulut atau di tempat antara gigi dan gusi (kantong periodontal). Ini datang sebagai chip yang digunakan untuk membantu dalam prosedur penskalaan untuk mengurangi kedalaman kantong di sekitar gigi untuk pasien yang memiliki periodontitis dewasa. Ini juga datang sebagai bilas yang menyediakan aktivitas antimikroba antara kunjungan ke dokter gigi. Perhatikan bahwa Chlorhexidine dapat menyebabkan gigi, gigi palsu, tambalan dan peralatan mulut lainnya ternoda.

Baca Juga: Ada 14 Cara Merawat Gigi Agar Tetap Putih dan Bersih, No.10 Paling Terabaikan!

4. Clamoxyl
Obat ini merupakan kombinasi dari asam klavulanat dan amoksilin, obat ini dapat dijadikan pilihan terbaik untuk menghilangkan bakteri yang bersarang di gigi, obat Antibiotik ini efektif untuk menghilangkan berbagai bakteri, namun obat ini juga dapat menghilangkan bakteri baik dalam tubuh.

5. Metronidazole
Efektif dalam menghilangkan bakteri dalam gusi, disaat mengkonsumsi metronidazole Anda tidak diperkenankan mengkonsumsi minuman alkohol, hal ini dapat memberikan ketidaknyamanan pada perut Anda yang akan mengakibatkan mual dan muntah, ini berarti Antibiotik tidak bekerja dengan efektif.

6. Erythromycin
Obat Antibiotik ini biasa di resepkan untuk mereka yang alergi dengan obat penisilin. Erythromycin masuk dalam kelompok Antibiotik macrolide dan biasanya diresepkan untuk mengobati:
  • Abses gigi (Gigi bernanah)
  • Infeksi disekitar gigi bungsu (pericoronitis)
  • Infeksi yang berkembang setelah operasi gigi

Dosis untuk orang dewasa adalah 250 miligram hingga 500 miligram setiap 6 jam, konsumsi selama 7 hingga 10 hari lamanya, jika dosis untuk anak-anak disesuaikan dengan berat badan petunjuk dokter.

7. Amoxicillin
Antibiotik ini masuk dalam keluarga penisilin, dukhususkan untuk pengobatan infeksi yang diakibatkan bakteri.  Amoxicillin bekerja dengan cara menghambat pembentukan dinding bakteri, menghancurkan bakteri sebelum berkembang biak, obat Antibiotik ini mudah diserap terutama jika diminum dalam bentuk tablet. Dosis harian 1000 – 1500mg yang dibagi dalam 3-4 kali konsumsi dalam sehari.
8. Penisilin V
Ini adalah bersi awal penisilin yang sangat efektif, Ini bekerja pada beberapa bakteri yang sebagian besar terkait dengan infeksi gigi dan hampir tidak menyebabkan resistensi antibiotik. Namun obat Antibiotik ini masih memiliki kelemahan, dikonsumsi 4 kali dalam sehari, jika Anda lupa, obat ini tidak bekerja secara efektif. Banyak bakteri yang kebal terhadap obat penisilin.

Penting! Sebelum Anda Menggunakan

Antibiotik memang telah terbukti efektif dalam melawan berbagai jenis infeksi bakteri yang menjadi penyebab dalam masalah gigi dan gusi, namun tidak efektif mengobati sakit gigi yang diakibatkan oleh pulpitis irreversible. Penyakit ini disebabkan kerusakan dalam jaringan gigi berisi saraf yang tidak bisa diperbaiki lagi. 

Hindari Penyalahgunaan Antibiotik

Untuk mengurangi perkembangan bakterirresisten Antibiotik, resep Antibiotik yang tidak sesuai dengan indikasi harus dikurangi. Dalam arti anda harus mengkonsumsi obat Antibiotik sesuai resep yang diberikan dokter, pastikan untuk minum sesuai aturan dan menghabiskannya sesuai anjuran yang diberikan dokter meskipun Anda merasa telah sembuh.

0 Response to "Jenis Antibiotik Untuk Sakit Gigi Paling Ampuh"

Posting Komentar