Cara Diet Alami Dan Sehat Yang Benar Untuk Anda Yang Ingin Langsing

Jika kita bertanya kepada setiap orang, rata-rata mereka menginginkan berat tubuh yang ideal, hal ini sangatlah wajar, apalagi bagi mereka yang memiliki berat tubuh tidak normal, biasanya mereka akan melakukan diet. Nah, untuk melakukan cara diet alami dan sehat untuk menurunkan berat badan harus dilakukan dengan cara yang baik dan benar agar tubuh tetap bugar.

Diet merupakan cara yang tepat untuk menurunkan berat badan, namun ada beberapa orang yang melakukannya dengan metode yang salah, hal ini sangatlah buruk, hindari obat-obatan yang memiliki kandungan kimia karena sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Selain itu, olahraga yang tidak sehat juga tidak memungkinkan perubahan gaya hidup sehat untuk mempertahankan berat badan ideal dalam jangka waktu yang lama.

Antara setengah kilogram per minggu, perhitungannya setengah kilo lemak = 3.500 kalori jadi jika ingin menurunkan berat badan setengah kilogram, berarti dalam satu hari setidaknya harus ada 500 kalori yang terbakar.

Penurunan berat badan yang cepat sangat radikal dan ini disebabkan oleh beberapa risiko kesehatan yang tidak sehat, bisa menurunkan berat badan tapi tidak akan bertahan lama, juga akan meningkatkan kembali berat badan dengan cepat.




Berikut Bukan Cara Diet Alami dan Sehat Yang Harus Anda Hindari



Orang yang tidak mengerti tentang cara diet sehat dan berat badan normal, biasanya membuat beberapa kesalahan seperti di bawah ini:

  • Dengan sengaja melewatkan makanan utama, namun cara ini malah membuat lebih rajin ngemil makanan ringan disela waktu makan utama, padahal makanan ringan memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi.


  • Mengkonsumsi minuman yang mengandung banyak kalori, Tadinya memiliki niat untuk menghindari makanan berkalori tinggi dan beralih ke minuman bergula seperti kopi dengan krim atau soda. Meski minuman ini jumlah kalori tidak lebih rendah dari makanan yang ingin Anda hindari.


  • Mengkonsumsi sedikit air karena menurut Anda itu akan membuat Anda gemuk, tapi air mineral penting untuk meningkatkan metabolisme.


  • Menetapkan target menurunkan berat yang tidak realistis, misalnya niat untuk menurunkan 5 kg per minggu. Ini malah akan membawa Anda untuk melakukan segala cara untuk menurunkan berat badan, termasuk diet tidak sehat. Akhirnya Anda bisa lebih stres dan makan lebih banyak.


Baca Juga : Cara Alami Merawat Kulit Wajah Agar Selalu Lembab

Berikut Cara Diet Alami Dan Sehat Yang Benar Untuk Anda



  • Minum air putih sebelum makan


Menurut penelitian, minum air putih sebelum makan sangat kuat dalam menurunkan berat badan. Mengapa? Minum sebelum makan bisa memberi efek penuh, yang pada gilirannya akan membuat Anda enggan makan makanan besar, atau bahkan sama sekali tidak menyentuh makanan.

  • Jangan lupa sarapan


Banyak orang berpikir bahwa cara tepat melangsingkan tubuh dengan mengurangi jatah makanan sehari-hari seperti sarapan pagi. Padahal, Anda sebenarnya akan menjadi lapar dan makan banyak makanan ringan sepanjang hari, terutama saat tubuh mulai terguncang kelaparan.

  • Makanlah dalam porsi kecil


Anda bisa menggunakan piring atau mangkuk lebih kecil dari biasanya saat makan. Kebiasaan sepele seperti ini terbukti dapat membuat diri kita terbiasa makan dalam porsi kecil, yang berarti jumlah kalori yang masuk ke tubuh akan berkurang.

Makan porsi kecil (4-5) kali sehari akan lebih baik menurunkan berat badan, daripada makan dalam porsi besar, meski hanya 3 kali sehari.

  • Makanlah makanan yang sesuai


Makanan diet terbaik untuk Anda adalah makanan kaya protein dan serat. Protein bisa membuat tubuh Anda terasa kenyang. Selain itu, protein bisa membantu membakar lemak di tubuh. Konsumsilah sumber protein seperti yoghurt, daging tanpa lemak, putih telur, makanan laut, keju, kacang kedelai dan kacang-kacangan.

  • Tidak perlu membenci makanan


Anda tidak perlu membenci makanan yang sangat Anda sukai. Jika Anda menjauh dari makanan, Anda akan lebih bernafsu untuk memakannya. Karena itu, kuncinya bukan untuk menjauh, tapi Anda harus tahu batasan agar tubuh tidak bertambah gemuk.

  • Cukup tidur


Tubuh kita terutama bisa menghasilkan hormon yang bisa merangsang kita untuk lebih banyak nafsu makan (hormon ghrelin) saat kurang tidur. Hal ini dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

Selain itu, kurang tidur juga bisa menyebabkan gangguan pada sistem metabolisme tubuh dalam pemecahan zat dari makanan ke energi. Akibatnya, seluruh zat akan terakumulasi dalam jumlah banyak dan membuat badan gemuk..

  • Hindari Makan Dimalam Hari


Makan malam akan membuat tubuh Anda lebih gemuk. Pada malam hari, tubuh tidak melakukan banyak aktivitas fisik, jadi jika Anda mengonsumsi makanan dalam kalori besar akan berubah menjadi lemak dan bukan energi.

Karena itu jika ingin sukses menurunkan berat badan, hindari makan malam. Jika Anda tidak dapat melakukan, karena ada satu hal, Anda bisa mengganti waktu makan malam dari biasanya. Usahakan untuk tidak makan melewati pukul 18.00 di sore hari.

  • Kurangi makanan bergula


Makanan manis memberi lebih banyak energi daripada kalori atau protein. Namun, meningkatkan glukosa tubuh Anda karena makanan manis juga tidak baik untuk kesehatan Anda, terutama untuk berat badan Anda.

Alangkah lebih baik mulai sekarang belajar untuk mengurangi makanan manis. Sebut saja teh manis, kue, donat, soda, dan sejenisnya.

  • Makan Teratur


Makan secara teratur dan tidak melewatkan waktu makanan sangat penting untuk menurunkan berat badan. Ingat, makan tidak teratur akan membuat Anda lapar dan akan cenderung over-eat. Beberapa makanan yang disarankan sebagai cara menurunkan berat badan antara lain:

Prioritaskan pada karbohidrat seperti roti, nasi, sereal, kentang, mie dan sepertiga porsi makanan. Jenis terbaik adalah biji-bijian.

  • Aktifitas Fisik


Bukan rahasia lagi bahwa olahraga adalah salah satu cara paling efektif untuk menurunkan berat badan. Menurut penelitian, olahraga dapat membantu memangkas kelebihan lemak dalam tubuh. Pembakaran lemak ini bisa membuat berat badan Anda lebih sempurna.

  • Memiliki Komitmen


Diperlukannya konsistensi karena diet dengan cara alami dan aman sangat membutuhkan waktu, tubuh kita perlu proses, oleh karena itu komitmen dan disiplin menjalankan diet harus dijalankan dengan lebi serius.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Luka Memar Dengan Cepat

Berikut adalah beberapa alasan mengapa diet Anda mungkin gagal:



  • Diet Anda sangat ketat, dan Anda akhirnya Anda makan melebihi batas normal

Diet yang Anda jalani mencegah Anda mengkonsumsi semua makanan yang Anda inginkan, seperti coklat, keju, es krim dan keripik. Kemudian Anda merasa bahwa kesenangan pribadi Anda diambil.

Selama beberapa minggu Anda mungkin bisa bertahan. Namun, seiring berjalannya waktu Anda akan merasa bosan dengan pola diet monoton, dan Anda menyerah.

Bila Anda menyerah, pada akhirnya Anda akan menghabiskan semua makanan kesukaan Anda tetapi Anda akan tetap menyangkal bahwa Anda masih menjalankan diet dengan konsisten.

  • Anda menyadari bahwa diet Anda hanya sementara dan bukan gaya hidup


Anda berniat dan menjalankan program menurunkan berat badan lebih cepat karena aka nada acara atau pesta khusus. Setelah itu Anda tidak bisa lagi kembali ke kebiasaan makan setelahnya.

Berat badan pun kembali naik. Diet Anda hanya sementara, tidak mengubah gaya hidup Anda menjadi lebih sehat.

  • Fokus hanya pada diet


Kebanyakan orang cenderung fokus pada diet saja, terlepas dari faktor lain yang tak kalah pentingnya dalam menurunkan berat badan. Untuk bentuk tubuh yang ideal, tentunya bukan hanya diet yang perlu Anda lakukan. Tapi dia juga menguasainya dengan berolahraga dan tidur teratur.

  • Kurang Berolahraga


Berolahraga menjadi faktor sama pentingnya dalam menentukan keberhasilan diet Anda. Diet ketat tanpa latihan fisik seimbang tidak akan memaksimalkan perubahan bentuk tubuh. Karena itu, Anda harus berolahraga secara teratur setiap hari. 

Tidak perlu melakukan aerobik, lakukan latihan lembut seperti berlari, bersepeda, senam atau yoga selama 30 menit setiap hari. Anda juga bisa menggunakan peralatan olah raga yang bisa membakar lemak dan kelebihan kalori dalam tubuh.

  • Kurang Istirahat


Tidur kurang dari 8 jam sehari akan meningkatkan produksi kortisol. Meningkatkan hormon ini akan merangsang nafsu makan meningkat, yang pada gilirannya justru akan meningkatkan berat badan Anda. Selain itu, kurang tidur juga menyebabkan metabolisme tubuh menurun. Dengan metabolisme rendah, kemampuan tubuh untuk membakar kalori juga turun.

  • Lingkungan yang tidak mendukung 


Berada di lingkungan yang tidak mendukung Anda membuat program diet cenderung membuat Anda lebih putus asa dan berhenti melakukannya. Dukungan dari orang-orang dekat seperti orang tua, keluarga dan teman sangat penting untuk menunjang kesuksesan diet Anda. Jika orang yang paling dekat dengan Anda tidak mendukung, Anda harus mengklarifikasi motivasi Anda untuk diet dan mencoba meyakinkan mereka bahwa Anda melakukan diet ini untuk kesehatan tubuh Anda.

Nah itulah Cara Diet Alami Dan Sehat yang benar untuk Anda semoga artikel ini dapat memberikan solusi dari permasalahan yang sedang Anda alami. Terimakasih atas kunjungannya.

0 Response to "Cara Diet Alami Dan Sehat Yang Benar Untuk Anda Yang Ingin Langsing"

Posting Komentar