Cara Meredakan Sakit Gigi Yang Paling Mujarab

Cara Meredakan Sakit Gigi dengan cepat adalah langkah yang paling utama ketika nyeri gigi menyiksa tak kunjung hilang bahkan merasa bertambah sakit. Banyak penyebab timbulnya nyeri pada gigi seperti pada rongga gigi, gigi pecah-pecah, abses (kantong infeksi pada garis gusi) atau kondisi sinus, semua itu dapat menimbulkan gigi sakit yang menakutkan.

Sebelum pergi kedokter tentunya Anda akan mencari cara terlebih dahulu untuk meredakan sakit yang mengganggu aktifitas. Banyak cara dan tidak sedikit obat yang terbuat dari bahan alami bisa menghilangkan rasa sakit gigi. Kabar baiknya bahan-bahan yang diperlukan untuk mengobati tidak sulit ditemukan dalam rumah.



Berikut Cara Meredakan Sakit Gigi  Paling Ampuh Dilakukan Sendiri Dirumah


  • Menggunakan Minyak Cengkeh


Cengkeh merupakan obat tradisional yang dapat mematikan saraf. Rempah ini memiliki senyawa kimia bernama eugenol (obat bius alami). Tapi menggunakan minyak cengkeh harus dengan hati-hati karena dengan menuangkan minyak di daerah yang sakit benar-benar dapat memperburuk rasa sakit jika Anda mendapatkannya dijaringan gusi yang sensitive. Oleh karena itu Anda gunakan dua tetes minyak cengkeh diatas bola kapas pada area yang sakit sampai hilang. Dalam keadaan darurat dapat menggunakan bubuk cengkeh dengan cara menaburkan di tempat gigi yang sakit.

  • Pasta Bubuk Jahe dan Bubuk Cabe Merah


Campurkan kedua ramuan menggunakan sedikit air agar menjadi pasta. Gunakan kapas untuk mengambil pasta secukupnya lalu letakan pada gigi yang sakit, hindari lidah dan gusi karena akan menyebabkan panas. Biarkan hingga rasa sakit memudar atau diamkan selama Anda dapat menahannya (ramuannya cenderung terbakar). Anda juga dapat mencoba salah satu rempah-rempah ini secara terpisah karena kedua bahan alami ini adalah penghilang rasa sakit yang manjur.

  • Berkumur Dengan Air Garam


Ambil satu sendok teh garam yang dilarutkan dalam secangkir air panas untuk membuat obat kumur yang dapat membunuh rasa sakit (Air garam juga dapat menghilangkan sakit tenggorokan), air asin membersihkan daerah sekitar gigi dan mengeluarkan beberapa cairan yang menyebabkan pembengkakan. Berkumur semala 30 detik sebelum membuangnya, lakukan lagi hingga air dalam cangkir habis. Perawatan ini dapat dilakukan sesering mungkin.

  • Redakan Dengan Teh Daun Peppermint


Cara meredakan sakit gigi dengan teh peppermint memiliki rasa yang enak dan dapat berguna untuk meredakan nyeri gigi. Caranya yaitu masukan 1 sendok teh peppermint kedalam air yang mendidih selama 20 menit. Setelah mendingin minumlah dan diamkan sejenak dimulut lalu telan. Kantung teh daun peppermint yang masih hangat dan basah dapat ditempelkan pada gigi yang sakit. 

  • Bilas Dengan Hidrogen Peroksida


Untuk membantu membunuh bakteri dan menghilangkan ketidaknyamanan, hydrogen peroksida 3% ini dapat memberi kelegaan yang timbul dari nyeri gigi disertai demam dan bau busuk dimulut (keduanya ialah tanda-tanda Anda terkena infeksi). Tapi cara ini hanya sementara hingga Anda pergi kedokter untuk mendapatkan tindakan yang lebih untuk membersihkan sumber infeksi. Larutan hydrogen peroksida hanya digunakan untuk berkumur lalu buang kembali jangan sampai tertelan lalu bilas beberapa kali menggunakan air biasa.

  • Redakan Sakit Gigi Dengan Es


Ambil sebuah es batu dan masukan dalam plastik lalu bungkus menggunakan kain tipis, tempelkan pada pipi dekat gigi bermasalah untuk mematikan saraf. Menurut cerita rakyat jika Anda memijat tangan dengan menggunakan sebuah es batu, Anda dapat meringankan nyeri gigi. Bila saraf di jari-jari mengirim sinyal “dingin” ke dalam otak Anda, mereka mungkin akan mengganti sinyal rasa sakit yang berasa dari gigi. Caranya bungkuslah es batu dengan kain tipis dan pijat diarena berdaging antara ibu jari dan telunjuk Anda.

  • Berkumur Menggunakan Dupa


Anda juga dapat berkumur dengan dupa yang dilarutkan dalam air. Efek astringent membantu peradangan, dan dupa memberikan manfaat tambahan membunuh bakteri. Caranya mudah didihkan satu sendok bubuk dupa dalam 2 gelas air dalam jangka waktu 30 menit. Setelah itu saring dan dinginkan. Langsung gunakan untuk berkumur dan buang, setelah itu bersihkan dengan menggunakan air biasa. Anda dapat menggunakan cara ini 5-6 kali dalam sehari.

  • Kertas coklat dan Air Cuka


Obat gigi sakit ini didapat dari Negara lain menyerukan perendaman sepotong kecil kertas coklat (kertas coklat bekas makan siang atau grosiran) kedalam air cuka, lalu kertas tersebut diangkat dan ditaburi satu sisi dengan lada hitam, langsung tempelkan pada pipi, Anda akan mendapatkan sensasi hangat di pipi Anda, hal ini dapat mengalihkan perhatian Anda dari rasa nyeri gigi yang menyiksa. namun cara ini hanya bersifat sementara hingga waktunya Anda pergi mengunjungi Dokter untuk perawatan lebih lanjut.

  • Gunakan Pasta Gigi Yang Tepat


Gunakan pasta yang telah ditentukan “untuk gigi sensitive” jika Anda memiliki masalah dengan menyusutnya gusi, ini dapat mengurangi banyak rasa ngilu yang mungkin Anda alami dari memakan makanan panas maupun dingin, disaat gusi menyusut, dentin dibawah email gigi Anda terpapar, bahan ini sangat sensitive. Jadi saat ini mulai menggunakan pasta gigi untuk gigi sensitive agar mencegah penyusutan lebih lanjut.

  • Dengan Menekan Bagian Tertentu


Cobalah teknik akupresur untuk menghentikan nyeri gigi dengan cepat, dengan ibu jari Anda, tekan titik dibagian belakang tangan Anda yang lain di mana dasar jempol dan jari telunjuk Anda bertemu. Lakukan tekanan kurang lebih 2 menit, ini akan membantu memicu pelepasan endorphin, hormon merasakan baik pada otak, sehingga bisa mengalihkan objek yang sakit.

Sebelum Melakukan Cara Meredakan Sakit Gigi Kita Harus Tau Gejala, Penyebabnya


Sering kali kita alami rasa nyeri gigi semakin menjadi-jadi ketika kita makan atau minum yang memiliki suhu ekstrim (panas maupun dingin) dan ketika kita tidur dimalam hari. Rasanya sangat menyiksa bukan?

Ketika sakit yang menyiksa terjadi, daerah rahang yang bedekatan dengan gigi bermasalah (terinfeksi) akan ikut merasakan sakit dan teraba lunak. Terkadang kita sulit membedakan sumber nyeri. Contohnya nyeri yang berasal dari telinga pada kasus infeksi pada graham bawah dan nyeri pada penderita sinus (rongga udara dibelakang tulang pipi dan dahi) pada kasus infeksi geraham atas.

Selain rasa nyeri, gejala yang timbul karena sakit gigi antara lain:

  • Pembengkakan di sekit gigi terinfeksi
  • Kepala pusing
  • Rasa dan bau busuk dari gigi bermasalah
  • Demam


Penyebab Sakit Gigi

Didalam gigi terdapat pupa gigi, Pulpa merupakan lapisan gigi terdalam yang terdiri atas pembuluh darah dan saraf sensitive. Sakit yang timbul ketika pulpa ini mengalami peradangan. Penyebab radang bermacam-macam antara lain:

  • Gigi busuk (hal ini dikarenakan permukaan gigi berlubang)
  • Penumpukan nanah didasar gigi karena infeksi
  • Penyusutan gigi
  • Gigi retak
  • Tambalan yang rusak (apabila gigi pernah ditambah)


Segera Pergi Kedokter Apabila Sakit Gigi Yang Anda Alami Seperti ini:

  • Nyeri tidak kunjung reda dan berlangsung hingga lebih dari 2 hari
  • Sakit yang disertai infeksi cirri-cirinya, mengeluarkan bau busuk, gusi merah, gusi bengkak dan nyeri saat mengunyah.
  • Ketika nyeri gigi membuat Anda sulit menelan
  • Ketika gigi sakit membuat Anda sulit benafas
  • Nyeri gigi disertai demam
  • Sakit yang disertai sakit telinga
  • Kesakitan ketika membuka mulut


Demikian informasi mengenai Cara Meredakan Sakit Gigi Paling Mujarab yang telah kami sampaikan, semoga dengan ulasan diatas dapat bermanfaat untuk Anda. terimakasih atas kunjungannya dan sampai jumpa.

0 Response to "Cara Meredakan Sakit Gigi Yang Paling Mujarab"

Posting Komentar